Selasa, 19 Desember 2017

[Pengalaman Memasak Anak Kosan] Bagian 1

Pudding Hitam yang Manis


Hai, balik lagi dengan saya, hehe. Kali ini tidak akan membahas sebuah buku, melainkan akan membahas mengenai pengalaman saya masak di kosan.
Ya, saya ini bisa dibilang anak rantau di Kota Serang ini. Jadi, segala apapun itu harus serba sendiri. Ya hitung-hitung belajar agar lebih mandiri.

Tau ga, ekspektasi saya itu ketika tau diterima di kampus Untirta Serang itu bakalan tinggal di kosan yang ada dapurnya loh. Tapi ternyata, takdir berkata lain. Kini saya tinggal di kosan tanpa dapur. Hanya dengan bermodalkan rice cooker dan uang sebagai penyambung hidup di kosan wkwk
Tapi terkadang kalau beli makanan terus bosen, kangen masakan rumah. Tapi kan kompor aja ga ada gimana coba? Sebenarnya bisa bawa, cuma ortu tidak mengizinkan takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Mengapa? Karena memasang kompor gas itu memerlukan banyak ventilasi udara. Sedangkan, kosan ku minim banget. Kadang, aku sendiri suka kepanasan ditambah cuaca serang yang amat sangat panas berbanding terbalik dengan kota asalku hehe. Mau pindah kosan tapi males pindahin barang-barangnya wkwk Duh ko malah curhat sih haha, yowes cus kita mulai bahas tentang masak-memasaknya.

Suatu hari, ketika saya sedang berselancar di mbah google saya sangat tergiur dengan pudding. Entah kenapa lagi pengen makan pudding. Tapi saya ga ada kompor adanya rice cooker. Tapi karena semangat ingin memakannya lebih tinggi langsug aja saya cari beberapa tutorial mengenai cara memasak pudding di rice cooker. Banyak dah tuh artikel-artikelnya. Lalu akhirnya saya membuat variasi baru dengan dibantu teman-teman.

Waktu itu saya pake produk Nutrijell Puding Susu rasa Coklat, tapi sayangnya saya lupa foto produknya. Aku pake gambar dari si mbah google aja yah nih.
Sumber: Bukalapak.com  
 Untuk Vla nya saya pake merk di bawah ini.
Sumber: KlikIndomaret
 Kenapa saya pakai 2 produk di atas? Kalo saya sih simple, cari pudding yang harganya pas dikantong anak kosan wkwk Waktu itu dengan 20rb saja saya dapat 2 produk itu ditambah 4 bungkus caca coklat yang satuannya 500 perak haha lumayan kan?

Oke bahan-bahan yang saya gunakan cukup simpel cuma produk di atas tadi dengan tambahan caca coklat. Oh iya satu lagi, kita butuh air untk pudding dan vlanya. Soalnya mereka bentuknya serbuk ya hihi. Sedangkan alat-alat yang digunakan juga cukup simple yakni dengan rice cooker kemudian wadahnya bisa gunakan piring atau mangkuk apapun itu yang penting bisa menampung puddingnya haha.

Cara memasaknya cukup simpel, yakni:
  1. Masukan air ke dalam rice cooker . Jangan lupa pastikan kabelnya tersambung ke stop kontak yah dan tombolnya dalam eadaan cooking. Jangan sampai kalian capek-capek nunggu lama eh ternyata masih dalam posisimagic warm. Untuk ukuran airnya bisa dikira-kira sendiri aja yah, tapi saya pake 1 gelas setengah.
  2. Tunggu hingga airnya mendidih. Setelah itu masukan serbuk puddingnya. Jangan lupa untuk terus diaduk agar tidak menggumpal. Kan jelek kalau puddingnya menggumpal.
  3. Selagi mengaduk, siapkan wadah kemudian hias dengan caca coklat agar nanti bagian atas pudding ketika sudah dingin terlihat cantik karena ada cacanya.
  4. Setelah dirasa matang, tuankan pudding tadi yang ada di panci mejikom ke dalam wadah yang sudah disiapkan. Tungu sampai puddingnya mengeras. Lebih enak jika dimasukan ke dalam kulkas, tapi karena di kosan ga ada, pake suhu ruangan juga tidak buruk ko.
  5. Selagi menungu, rebus kembali air hingga mendidih untuk dijadikan campuran Vla nya. Karena Vlanya harus diseduh dengan air panas/hangat juga. Setelah air mendidih, lalu diankat dan masukan ke dalam cangkir atau apapun yang penting jangan di ke plastikin yah wkwk
  6. Tuang serbuk Vla ke dalam wadah bisa cangkir atau mangkuk kecil juga bisa. Lalu tuang sedikit demi sedikit air nya yang telah dimasak tadi. Jangan lupa sambil diaduk.
  7. Ukuran airnya sesuai selesa yah. Apabila ingin Vlanya agak kental maka air yang digunakan jangan terlalu banyak. Tapi kalau mau yang encer agak banyakin aja airnya.
  8. Setelah pudding keras, balik posisi puddingnya biar yang tadi ada cacanya itu ada di posisi atas. Kemudian tuangkan Vla di atasnya. Yeay sudah selesai.
Gimana? Mudah kan? Ini cara tersimpelnya loh wkwk Untuk topping bisa disesuaikan loh. Kalian bisa nambahin keju, atau mungkin ice cream apapun itu yang penting bisa dimakan haha. Mau tau ga hasilnya? Atau rasanya, ada yang penasaran? Hmmm, enak banget loh menurut saya. Iya lah kan saya yang masak wkwk Tapidisaranin jangan makan sendirian yah, nanti dikira jomblo wkwk.
Lebih enak itu makan bareng temen-temen di waktu santai. Iya ga? Iya dong.

Menurutku, dengan harga yang dibawa 10rb cukup memuaskan loh. Saat itu saya beli pas lagi diskon di Alfamart haha. Tekstur puddingnya enak, lembut banget. Terus manisnya menurutku pas banget soalnya gak kemanisan ataupun hambar.

Baiklah, mungkin cukup sekian postingan kali ini. Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih telah mampir ke blog saya. Selamat mencoba yah haha Semoga berhasil dan sesuai keinginan.Bye bye~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan berbudi bahasa yang baiklah. Mari saling menghargai atar sesama! ^^

[Review Drama Korea] Bagian 1: Nostalgia Zaman Jadoel (Replay 1988)

                                                          Nostalgia Zaman Jadoel (Replay  1988) Ada yang udah pernah nonton drama korea...