Selasa, 19 Desember 2017

[Cerita Kehidupan] Bagian 1: Problematika Anak Kosan



Problematika Anak Kosan

Adakah diantara kalian anak kosan? Pasti ada dong? Yuk kita curhat sebagai anak rantau yang ngekos di kampung orang. Berbagi pengalaman seputar ngekos di kampung orang tuh rasanya seperti apa. Banyak yang selalu bertanya ke saya bagaimana rasanya ngekos dan jauh dari orangtua di rumah , yang nanya ni kebanyakan anak rumahan. Jika boleh jujur, saya lebih suka tinggal di rumah. Di kosan itu ga enak. Misalkan, kemarin udah pulang ke rumah terus besoknya ke kosan nih ya. Eh baru sehari udah pengen balik lagi ke rumah wkwk
Belajar juga jadi ga konsen karena pikirannya mau pulang terus, apalagi di semester awal perkuliahan. Terus, kalau di kosan juga bawaannya males ngapa-ngapain soalnya saya basic nya di rumah tuh bukan tipe yang suka keluyuran. Jadi di kosan juga pasti tetep di dalam ga pernah keluar kecuali ke kampus atau beli makanan. Udah itu aja, ga ada kegiatan lainnya. Membosankan? Sangat. Apalagi ketemu keluarga juga jadi jarang kan. Suka kangen aja bawaannya, bukannya mikirin pelajaran malah mikirin  orang-orang di rumah. Yang biasa dipikirin itu ‘Di rumah masak apa yah?’, ‘Mamah sama Bapak udah makan belum yah di rumah?’, ‘Mereka berdua sehat kan?’, ‘Ga ada maling kan yah di ruma?’, ‘Mamah sama Bapak lagi apa di rumah?’, ‘Mereka mikirin aku ga yah?’, dan masih banyak lagi yang intinya rasa khawatir terhadap ortu lebih besar dibanding mikirin diri sendiri di sini.

Tapi, itu Cuma saya deh kayaknya yang mikir begitu haha. Mungkin untuk anak kosan yang lain berbeda yah tergantng diri masing-masing. Tapi itu yang saya rasakan. Selain itu, yang biasanya dikasih uang jajan perhari, tapi kali ini dikasih perminggu. Tau ga gimana rasanya? Seneng? Pasti seneng lah megang uang banyak (padahal mah engak sebanyak yang dibayangkan). Tapi, ada tapinya loh. Kalau misalkan salah langkah sedikit aja dalam mengatur keuangan bisa-bisa ga makan loh bahkan lebih parahnya ga bisa pulang nanti. Soalnya, sistem keuangan saya tuh ga pake atm-atman. Takut atmnya error eh wkwk
Engga ko bukan itu, alasannya karena orangtua saya jadul ga tau tentang atm hehe. Biasalah saya kan orang kampung dan keluarga saya juga begitu hehe. Bahkan bisa kuliah di UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA aja kayak mimpi loh. Tadinya ga minat buat kuliah karena biaya juga sih. Tapi karena ada jalan yang diberikan Allah SWT, jadilah kuliah di sini. So, kenapa engga untuk ngambil  kesempatan ini? Siapa tau, dengan jalan ini bisa menaikkan derajat orangtua iya toh?

Baik lah kembali lagi ke masalah awal. Ngerasa ga sih yang dibahas dari tadi tuh cuma kekurangannya aja? Ga ada kelebihannya gitu? Adak o kelebihannya. Contohnya, yang tadinya saya penakut pergi ke daerah selain daerah sendiri, sekarang jadi berani. Lalu, sedikit demi sedikit belajar mengatur keuangan (ini bekal untuk masa depan loh kalo udah menikah wkwk). Selain itu saya muali menyadari dan bersyukur dengan ngekos seperti ini karena selama ini saya hidup dengan orangtua di rumah dan tidak tau bagaimana rasanya orang yang hidup sendirian tanpa keluarga di sekitar tapi sekarang mengalaminya. Dan saya beruntung masih punya keluarga yang lengkap walaupun sekarang tidak lagi tinggal bersama (maksudnya saya sekarang yang ngekos).

Bahas apa lagi yah? Oh iya, di sini saya juga belajar untuk bersosialisasi di lingkungan masyarakat sekitar kosan. Kalau di rumah itu saya ga punya tetangga. Soalnya sekitar rumah itu sawah semua. Kecuali di depan itu ada jalan raya sama toko-toko missal Alfamart dan Indomaret. Sebenarnya ada sih di sebelah rumah cuma tau ga bangunan itu cuma tembok aja loh. Ya rumah saya ini dibelakangi oleh perumahan nama perumahannya itu PEPABRI Kedung Indah. Perumahan itu dulunya dikhususkan bagi keluarga ABRI, tapi sekarang sudah jadi milik umum.
Nah karena ga ada tetanga, maka masa kecilku itu kalau main suka di kampung nenek agak jauh dari rumah. Itu pun mainnya masih sama saudara. Karena angkatan saya itu rata-rata di desa tempat tinggalku itu cowok. Adapun cewek dari kampung yang berbeda wkwk.

Nah gimana? Ada yang mau menceritakan pengalamannya juga? Boleh dikomen yah ceritanya. Ayo berbagi pengalaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan berbudi bahasa yang baiklah. Mari saling menghargai atar sesama! ^^

[Review Drama Korea] Bagian 1: Nostalgia Zaman Jadoel (Replay 1988)

                                                          Nostalgia Zaman Jadoel (Replay  1988) Ada yang udah pernah nonton drama korea...