Selasa, 19 Desember 2017

[TIPS] Bagian 2: Kecantikan (Perawatan Rambut Agar Tetap Sehat)

Perawatan Rambut Agar Tetap Sehat


Yeay hadir lagi. Saya hadir setiap detik yah wkwk. Soalnya ini baru bisa diposting sekarang haha. Maafkan saya T.T
Oh iya, kemarin-kemarin udah bahas mulai dari pendidikan dan curhat-curhatan, sekarang saya mau curhat seputar kecantikan. Ya walaupun saya tidak cantik, eh tapi kan wanita itu cantik yah kalau ganteng kan namanya laki-laki wkwk.

Tips kali ini seputar kecantikan yakni perawatan rambut yang biasa saya lakukan. Please mikirnya jangan langsung ke salon yah, karena saya rawat rambut ini di rumah ko kadang di kosan juga sih (lebih banyak di kosan). Walaupun saya orang yang berkerudung bukan berarti saya boleh cuek tentan rambut, iya ga? Ada pepatah mengatakan RAMBUT ITU MAHKOTANYA PEREMPUAN. Pernah dengerkan sama pepatah itu? Yang kurang lebih seperti itu bunyi kalimatnya hehe
Saya juga mau dong punya rambut yang sehat dan kuat. Siapa sih yang ga mau? Hayo ada yang ga mau nih punya rambut yang sehat dan kuat?

Sebelumnya saya mau curhat dulu nih mengenai rambut saat saya kecil dulu. Waktu kecil itu rambut saya tipe yang bergelombang. Kadang suka iri sama orang yang punya rambut panjang dan lurus. Pengen punya yang seperti itu. Tapi kata mamah, saya tuh waktu bayinya sampai umur 3 tahunan rambutnya sedikit bangen hampir ke botak wkwk ga kebayang deh. Pengen liat tapi ga ada fotonya huhu kismin kamera jaman dulu tuh.
Nah ketika beranjak jadi ABG cabe rawit (SD maksudnya) saya mulai terobsesi sama rambut yang panjang dan LURUS. Tau ga, sampe semua sampo yang memberikan janji meluruskan rambut sudah saya coba semua mulai dari produk sunsilk, emeron, dove, lifebuoy, apa lagi yah? Lupa deh ya pokoknya pernah dicoba semuanya sampe pake conditioner juga. Orangtua juga sampe marah karena takut rambut rusak juga soalnya ganti terus samponya. Ya namanya juga anak kecil ya gitu jadinya. Tapi, semua itu tidak pernah berhasil di diri saya. Sampai akhirnya waktu SMA baru saya sadar bahwa rambut itu tidak bisa dipaksakan, sedih. T.T

Ehhhh tunggu dulu. Tapi yah, entah kenapa pas saya SMA itu rambut saya jadi lurus loh wkwk Padahal semenjak SMP udah stop ganti sampo dan keluarga ku menetap pada sampo lifebouy. Pernah denger ga rambut yang sering dipotong itu bisa membuatnya jadi lebih sehat? Nah itu dia, waktu SMP saya selalu potong rambut (dipotongin mamah) soalnya ga betah sama rambut panjang. Sering banget dipotong apalagi kalau udah lewat bahu rambutnya. Tapi dipotongnya ga pendek banget kayak bob atau potongan kayak rambut cowok yah. Pernah sekali doang kayak gitu waktu kelas 1 SD dipotongin sama kenalan mamahku yang katanya ahli dalam potong-memotong rambut di kampung nenek wkwk tapi nyatanya sungguh mengecewakan. Saya menghabiskan masa kecil saya waktu kelas 1 SD dengan perasaan dongkol. Lantaran, banyak orang yang bertemu pertama kali dengan saya pasti mengira kalau saya ini cowok hanya karena rambut aja loh. Sampe ada yang bilang ke saya pas lagi jajan di warung 'Ceng (sebutan untuk anak laki-laki di dalam bahasa sunda dari kata Aceng), bade jajan naon? (Mau jajan apa?).' Coba, gimana ga kesel dibilang begitu. Dari situ ga pernah mau berurusan dengan salon ataupun semacamnya. Biasanya mereka maunya sendiri aja ga pernah mikirin hati say huhu Padahal saya minta pendek sebahu tapi dikasih yang begitu.

Oke, lanjut. Karena saat SMA rambut saya sudah lurus sampai sekarang, saya seneng banget dong. Saya selalu berusaha buat merawat rambut ini biar ga kayak gulu wkwk. Semenjak kulaih ini di semester 2 kemarin, saya berubah haluan ke produk sampo TRESemme dengan conditonernya juga. Dan lagi, rambut saya jadi lurs serta lembut loh. Tapi hasil bisa dilihat ketika setelah 6 bulan pemakaian. Lalu saya juga semenjak kuliah ini suka pake masker rambut , vitamin rambut, dan pewangi rambut biasanya saya pake merk Ellips atau Makarizo tergantung budget sih wkwk
Biasanya saya pakai itu 1-2 minggu sekali. Kebetulan rambut saya ini udah kena bahan kimia yakni pewarna rambut, jadi harus lebih ekstra rawat rambutnya agar tidak rusak.

Nih aku list yah kegiatan yang aku lakuin dalam merawat rambut.
  1. Setidaknya 2 kali dalam seminggu atau ketika rambut sudah mulai lepek berminyak itu tanda harus sampoan. Selain agar kulit kepala terhindar dari kotoran dan para parasit yang mengganggu seperti kutu, juga bisa menyegarkan otak kita loh. Selain itu rambut yang tidak disampo itu biasanya berminyak dan ini menimbulkan gatal serta jewarat loh di muka (bagi yang memili poni). Kalau rambut gatal ketika kita sedang belajar di kelas kan ga enak iya ga? Bisa mengganggu konsentrasi belajar. Tapi ingat, jangan terlalu sering sampoan juga yah, itu juga tidak baik bagi kesehatan rambut. Karena sampoan secara terus menerus (misalnya sehari 3 kali sampoan) bisa menyebabkan rambut rusak juga loh seperti rontok, kering, bercabang, ketombe, gatal, mudah patah, kusut, dll.
  2. Selain menggunakan sampo, gunakan conditioner. Biasanya dengan begitu, formula yang ada pada sampo itu sendiri akan lebih bekerja secara efektif.
  3. Kemudian, biasanya saya tuh pake masker rambut setiap 2 minggu sekali. Sebenarnya tidak pake masker juga sama saja karena fungsinya sama ko dengan conditioner.
  4. Yang terpenting itu pake vitamin rambutnya. Saya biasa pake setelah keramas. Vitamin rambut yang saya gunakan itu khusus rambut yang sudah pernah diwarnai.
  5. Harus rajin sisiran, jangan sampe engga. Nanti kalau udah kusust baru tahu rasa. 
  6. Jangan biarkan rambut tetap basah, segera keringkan setelah mandi. Tapi jangan digeleng-geleng pake handuk yah, apalagi jika terlalu keras itu juga bisa membuat rambut cepat kering dan rusak. Cukup ditepuk tepu saja, dan jangan gunakan headdrier karena panasnya itu bisa membuat rambut kering juga dan nanti malah muncul masalah rambut lainnya. Cukup diangin-anginkan saja dengan suhu ruangan. Jangan langsung diikat dengan tali rambut juga yah, bisa bikin rambutmu lepek.
Lalu apa yang akan terjadi jika kita terus sampoan? Nih contohnys seperti beberapa masalah yang ada di bawah ini.
  • Rontok, karena rambut yang sering di keramas tentunya akan selalu basah dan tentunya akan lebih sensitif terutama pada akarnya. Jadi lebih baik hindari sampoan secara teru menerus agar tidak banyak rambut yang rontok.
  • Kering, teralu banyak keramas juga akan menyebabkan kandungan minyak alami pada rambut berkurang. Sehingga rambut kekurangan minyak dan menjadikannya kering dan kusam. Sebenarnya minyak pada rambut itu punya fungsi loh. Ia berfungsi agar rambut terlihat lebih lembab, sehat sekaligus mengkilap.
  • Bercabang, tadi kan rambut bisa kering. Nah setelah kering, rambut akan mudah bercabang. Sehinga hal ini tidak baik bagi kesehatan rambut.
  • Ketombe, ini nih salah satu masalah umum dan yang paling sering dialami oleh  siapapun baik 'people jaman old' maupaun 'people jaman now', dari yang tua samapi ke yang muda pasti sering mengalaminya. Ternyata ketombe juga bisa disebabkan karena terlalu banyak berkeramas. Karena mencuci rambut terlalu sering juga bisa menyebabkan kulit kepala menjadi lecet yang menyebabkan munculnya ketombe. Hiii ga mau kan rambutnya ketombean?
  • Gatal, keramas setiap hari juga malah membuat kulit kepala menjadi gatal. Karena tingkat keasaman pada rambut akan kacau. Hal inilah yang menyebabkan kulit kepala menjadi gatal.
  • Kusut
    Mencuci rambut setiap hari menyebabkan rambut menjadi kering dan kusut. Hal ini tentu saja mengganggu penampilan Anda. Ingatlah selalu untuk mencuci rambut sebanyak 2 kali dalam seminggu. Dengan begitu, kelembapan alami rambut pun akan tetap terjaga.
 Nah, jadi sudah tahu kan bagaimana cara merawat rambutnya. oke mungkin hanya segitu saja tips dari saya. Terima kasih sudah membacanya, dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan berbudi bahasa yang baiklah. Mari saling menghargai atar sesama! ^^

[Review Drama Korea] Bagian 1: Nostalgia Zaman Jadoel (Replay 1988)

                                                          Nostalgia Zaman Jadoel (Replay  1988) Ada yang udah pernah nonton drama korea...