Selasa, 19 Desember 2017

[Cerita Kehidupan] Bagian 6: Pengalaman Belajar Bahasa Korea di Rumah

Pengalaman Belajar Bahasa Korea di Rumah



Untuk pertama kalinya saya diperkenalkan dengan tulisan korea atau Hangul ketika duduk di bangku SMA kelas 2. Saat itu saya diajari teman sesama pecinta kpop hehe. Pertama belajar sulit juga karena kita belajar secara otodidak. Tapi karena tekad saya untuk bisa akhirnya saya bisa setidaknya membaca hangul tersebut walaupun saya tidak begitu hapal kosa katanya.
Saat itu saya bahkan menuliskan huruf-huruf Korea di setiap bagian belakang buku pelajaran mau itu di buku tulis maupun di buku paket. Ya tujuannya cuma satu, agar cepat hapal. Dan beberapa bulan setelahnya saya mulai hapal sedikit-demi sedikit hingga saat ini.
Bahkan dulu setiap libus sekolah, saya selalu menyempatkan untuk mempelajarinya lebih dalam mulai dari kosa kata sehari-hari hingga ke grammarnya. Tapi itu semua sangat sulit karena memang otodidak itu tidak sembarang orang bisa melakukannya termasuk saya. Harus ada guru pembimbing yang mahir di bidangnya.

Saat libur sekolah dulu, saya selalu menyiapkan buku baru khusus untuk mencatat seputar bahasa Korea hingga budayanya. Sampai saat ini sudah ada 2 buku yang saya kumpulkan. Semenjak kuliah, saya tidak ada waktu lagi untuk melakukan hal tersebut. Padahal masih belum selesai penulisan bukunya. Materi yang saya dapatkan itu hasil dikumpulkan dari berbagai artikel yang mebahas tentang bahasa Korea, di gabung dan dirangkum yang kemudian dicatat di buku.

Ketika saya melakukan hal tersebut, ada rasa senang yang terus meletup-letup. Yang tadinya saya tidak pernah tau bagaimana cara menuliskan nama Kang Yoo Chan sekarang setidaknya saya tahu. Belajar butuh proses kan? Tidak bisa secara instan kita menguasainya.
Sebenarnya dalam diri saya selalu ada keinginan untuk bisa membaca huruf-huruf yang ada di dunia ini. Prinsip saya, walaupun kita tidak mampu menguasai bahasa di dunia setidaknya kita mengerti hurufnya sehingga kita bisa menerjemahkannya melalui kamus atapun mbah google.

Waktu kecil saya selalu penasaran dan ingin sekali bisa membaca tulisan yang ada dalam kemasan makanan ringan dan menerjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia. Biasanya bahasa yang ada itu bahasa Korea, China, Thailand, Jepang, dll tapi yang sering ada ke 4 bahasa itu. Kalau bahas Inggris sih tulisannya sama aja kayak Bahasa Indonesia pake huruf latin. Sedangkan ke4 bahasa itu menggunakan huruf berbeda. Pernah waktu orangtua saya minum obat warung tapi tulisannya itu pake bahasa inggris dan bahasa asing lain lupa tepatnya jenis bahasa apa itu. Orangtuaku suka tanya ini artinya apa, dan saya tidak tahu. Dari situ muali muncul rasa keinginan untuk bisa membaca huruf-huruf di dunia.
Karena Korea sudah mulai hapal, saya berniat akan menambah huruf lagi. Beberapa bulan yang lalu juga saya mulai belajar kembali seputar huruf Jepang. Tapi banyak banget huruf yang harus diingat sampai akhirnya di stop dulu hehe nunggu libur baru lanjut belajar lagi.

Nah untuk kalian yang ingin seperti saya, ayo kita sama-sama belajar. Kita mulai dari yang terkecil dulu saja yakni mengenai hurufnya. Nanti kita lanjut ke bahasanya dan grammarnya. Iya ga?
Semoga tulisan saya bisa bermanfaat dan terima kasih telah mampir ke blog ini.

Kosa Kata Korea Dasar
  1. Eomma: Ibu
  2. Appa: Ayah
  3. Oppa: Kakak laki-laki (sebutan dari orang yang lebih muda perempuan kepada orang yang lebih tua laki-laki)
  4. Nuna: Kakak perempuan (sebutan dari orang yang lebih muda laki-laki kepada orang yang lebih tua perempuan)
  5. Yeoja: Perempuan
  6. Namja: Laki-laki
  7. Dongsaeng: Adik
  8. Chingu: Teman atau Chingudeul: Teman-teman (bentuk jamak). 
  9. Jib: Rumah
  10. Sobangcha: Pemadam kebakaran
  11. Annyeonghigaseyo: Selamat jalan
  12. Annyeonghigyeseyo: Selamat tinggal
  13. Meori: Rambut
  14. Ibsul: Bibir
  15. Popo: Kecupan di pipi.
  16. Pabo: Bodoh
  17. Yeonghwa: Film
  18. Bogoshipo: Ingin bertemu atau kangen.
  19. Yeobo: Sebutan untuk pasangan suami istri baik itu istri ke suami ataupun sebaliknya.
  20. Namjachingu atau Yeojachingu: Teman laki-laki atau Teman perempuan (Pacar)
  21. Harabeoji: Kakek
  22. Halmeoni: Nenek
  23. Dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan berbudi bahasa yang baiklah. Mari saling menghargai atar sesama! ^^

[Review Drama Korea] Bagian 1: Nostalgia Zaman Jadoel (Replay 1988)

                                                          Nostalgia Zaman Jadoel (Replay  1988) Ada yang udah pernah nonton drama korea...